Yayah Dzarotun N

Nama : Yayah Dzarotun Naqiah, S. Pd, M. Pd TTL. : Bekasi, 02 - 02 - 1971 Pekerjaan / Jabatan : PNS /Kepala Sekolah SMPN Satu Atap Cibi...

Selengkapnya

Bintek KTI

*Kegiatan bintek pelayanan tehnis SMP dalam rangka bintek KTI bagi guru SMP kab. Bekasi Disdik Kab. Bekasi th 2019*

≠===========≠=======

Hotel primebiz, 11 sd 13 Maret 2019

Diawal tahun 2019,Dinas Pendidikan Kab. Bekasi mengadakan kegiatan bintek KTI bagi guru-guru SMP Negeri.

Kegiatan tersebut dibuka oleh kepala bidang SMP yakni Bapak Kusuma Ridwan,M.Pd. Dalam sambutannya kepala bidang SMP menyampaikan beberapa pesan dari Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bekasi . Salah satu pesan Yang dapat dikutip diantaranya adalah bahwa kegiatan peningkatan kompetensi guru menjadi tanggungjawab Disdik dan guru. Diharapkan para guru mampu bersaing di era globalisasi.Maka salah satu upaya adalah melalui bintek KTI ini. Setelah menyampaikan sambutan, kepala bidang SMP membuka kegiatan pada hari ini dengan mengucapkan Basmallah.

*Kegiatan hari pertama* diisi dengan pemaparan materi tentang PTK oleh *Prof. Dr. H. Ade Hilmat. M. Pd* .Dalam pemaparannya disampaikan tentang sistematika PTK yakni terdiri dari 5 bab ( Bab I Pendahuluan, Bab II Kajian Teori dan Hipotesis, Bab III Metodologi Penelitian, Bab

*Kegiatan dihari kedua,* diisi dengan pemaparan materi oleh Bapak *Wahyudin, M.Pd.I (Pengawas PAI Kab.Bekasi)* . Beliau adalah salah seorang penggiat literasi di Kab. Bekasi.

Sebagai pembuka kegiatan nara sumber mengajak peserta bintek untuk mereviu kegiatan dihari pertama. " Dalam menulis PTK perlu ada harmonisasi dan PTK itu dimulai dari penemuan masalah pada saat proses belajar mengajar dan berdasarkan masalah tersebut dicarikan solusinya",jawab salah seorang peserta.

*Mengapa literasi penting bagi guru?* Karena guru itu seorang akademisi, guru selalu berkutat dalam dunia ilmiah, guru sebagai pembelajar sepanjang hayat dan guru sebagai agen perubahan.

Oleh karena itu guru perlu mengkampanyekan literasi kepada setiap orang khususnya kepada diri sendiri dan peserta didiknya.

Saya terinspirasi dengan pendapat *Much. Khoiri: 2017:13 yang luar biasa hebatnya

*WRITE OR DIE*

_Jangan mati sebelum menulis buku_

Menulis itu kewajiban

Menulis untuk melatih berpikir

Menulis untuk perjuangan

Menulis untuk *Personal Branding*

Menulis untuk warisan

Menulis untuk berbagi kebaikan

Menulis mewarnai kehidupan.

Sesi kedua dihari kedua diisi dengan penyusunan Judul PTK /PTS. Peserta mulai berlatih membuat judul berdasarkan permasalahan yang ditemukan di sekolah. Dan dilanjutkan dengan penyusunan proposal

*Kegiatan bintek hari ketiga,* diisi oleh tim dari Disdik Kab. Bekasi yakni ibu Sri dan bapak Aris. Informasi yang disampaikan tentang prosedur kenaikan pangkat guru,kepala sekolah dsb untuk periode oktober 2019." "Silahkan bapak/ibu guru yang mau naik pangkat agar segera menyiapkan pemberkasan yang diminta beserta hasil KTI yang telah disusun baik berupa PTK, PTS, buku dsb sesuai dengan surat edaran Disdik dan ketentuan yang berlaku di dalam Permen PANRB No 16/2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya"

Demikian liputan singkat seputar kegiatan guru di Kab. Bekasi.

Salam literasi🌹🌹

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Kereeeen Bu Yayah. Sukses selalu dan barakallah fiik

14 Mar
Balas

Terima kasih bunda.....mohon bimbingannya

24 Mar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali